Universitas Terbaik di Lampung, Mahasiswi Teknokrat Vina Qurrota Akyuningrum Wakili Indonesia Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

Teknokrat.ac.id, Bandar Lampung  – Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Teknokrat Indonesia Vina Qurotta ‘Akyuningrum mewakili Provinsi Lampung menjadi finalis pertukaran pelajar bersama 11 mahasiswa lainnya yang berasal dari Manado, Pontianak, Papua Barat, Jawa Timur, Bali, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Aceh dan Bogor ke Amerika Serikat melalui program Global UGRAD. 

Putri asal Pemangku Negara Batin, Pekon Lombok, Kecamatan Lumbok Seminung, Lampung Barat, itu mengharumkan nama daerah ini.  “Kita patut bangga karena putri asal Kabupaten Lambar mewakili Provinsi Lampung terpilih sebagai finalis pertukaran pelajar untuk di kirim ke US melalui program Global UGRAD.

Pemberitahuan Vina masuk menjadi 12 finalis disampaikan pada 23 Juni lalu,” kata Kabid Kebudayaan Riyadi Andrianto, mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki.  Menurut Riyadi, berita gembira ini tentunya merupakan penantian panjang setelah melalui tahapan-tahapan yang cukup membutuhkan persiapan ekstra, dari pembuatan essay, wawancara dan test TOEFL. 

“Saat ini untuk persiapan keberangkatan Vina sedang secara mandiri melengkapi pemberkasan diantaranya medical check up dan vaksinasi Covid-19,” kata Riyadi.  Lanjut dia, Global Undergraduate Exchange Program (Global UGRAD) merupakan salah satu program beasiswa yang disponsori US Department Of State dan dikelola oleh World Learning. 

Beasiswa ini bagi mahasiswa/mahasiswi jenjang studi strata satu (S-1) dari berbagai negara untuk berkuliah selama 1-2 semester di universitas-universitas di Amerika Serikat.  “Untuk lamanya dan tempat Vina belajar di US masih menunggu informasi lebih lanjut. Sementara pemberangkatan akan dilaksanakan awal tahun 2022 mendatang,” kata dia. 

Prestasi ini melengkapi prestasi-prestasi sebelumnya yang diraih oleh Vina di antaranya yaitu juara 1 Nasional Speech Competition English Festival UBM 2021, Duta Pemuda Lampung Dispora Lampung 2020, Delegasi Lampung dalam kegiatan Jambore Pemuda Indonesia Kemenpora 2020, harapan I  karya tulis ilmiah OJK 2020. 

Kemudian, pemenang kostum terbaik dalam pemilihan Duta Bahasa Provinsi Lampung Kantor Bahasa Provinsi Lampung 2020, juara II Lomba Pidato Bahasa Inggris dalam kegiatan English Proficiency Award Polinela, juara IV lomba Berbalas Pantun Kantor Bahasa Provinsi Lampung.  “Sebagai Duta Bahasa dengan prestasi-prestasi lainnya, Vina kami harap menjadi pemuda yang bisa diberdayakan memberi pencerahan dan menularkan tips-tips berprestasi bagi kalangan milenial di Lampung Barat.

Kami juga berharap sebagai duta budaya yang dapat memperkenalkan kekayaan budaya Lampung Barat, Lampung, dan Indonesia di Amerika Serikat.  Menanggapi itu, Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. menambahkan, kampus sangat bangga dengan prestasi Vina.

Apalagi akan mewakil Indonesia di negara adidaya.  Mahathir berharap Vina mampu membawa nama baik almamater di sana. Kemudian, menjadi duta Indonesia untuk mengenalkan khazanah Nusantara di luar negeri.  Mahathir ingin, Vina menjadi pioner bagi mahasiswa lain untuk menunjukkan prestasi tertingginya, baik dalam bidang akademik dan nonakademik. 

Kampus, ujar dia, memberikan ruang yang luas bagi mahasiswa untuk menunjukkan potensi dirinya agar lebih berkembang dan berpengetahuan. Ia senang prestasi ini diraih mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia.

Translate »