Brigif 4 Marinir bersama Universitas Teknokrat Indonesia Bina Desa Pesisir Lampung

Pesawaran, – Brigade Infanteri (Brigif) 4 Marinir/BS bekerjasama dengan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) melakukan kegiatan bakti sosial dengan membagikan sembako dan memasang rumpon di Pulau Legundi, Pesawaran, Sabtu (5/12/2020).

Kegiatan ini merupakan kerja sama kedua belah pihak dalam rangka pembinaan desa dan pemberdayaan masyarakat pesisir di Lampung. Universitas Teknokrat Indonesia dan Brigif 4 Marinir/BS memberikan sembako kepada masyarakat yang membangun rumpon, berupa 100 paket sembako yaitu: beras, gula pasir, terigu, susu, kecap, teh, minyak goreng dan mie instan.

Danbrigif 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi didampingi Letkol Marinir Isna Muhsin Abdillah, SE , M.Tr (Han) mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Yayasan Teknokrat sekaligus tugas pokok TNI Angkatan Laut. “Pembinaan desa-desa pesisir merupakan tugas Angkatan Laut, karena potensi laut Lampung cukup besar. Marinir sebagai bagian dari Angkatan Laut harus menguasai wilayah pantai-pantai di Lampung,” kata Nawawi.

Selain pembinaan desa pesisir, pihaknya juga melakukan penanaman padi dalam rangka menjaga ketahanan pangan.“Minggu depan, kami akan panen padi 30 hektare. Dan ini dikerjakan sebagian oleh anggota kami, sebagian oleh masyarakat. Ada sedikit juga ternak kambing, ternak sapi,” ujarnya. Nawawi menyatakan bahwa pihaknya saat ini tengah memasang rumpon bersama masyarakat setempat.

Menurutnya, penanaman rumpon merupakan kegiatan murah meriah.“Harapan kami, hanya ingin sedikit mengedukasi. Ini start awalnya saja, tapi tetap akan kami awasi. Silakan rumpon dikembangkan oleh masyarakat,” tambahnya. Menurut Nawawi, rumpon berfungsi seperti terumbu karang buatan sebagai rumah ikan. Sehingga, masyarakat yang ingin mencari ikan akan lebih mudah. “Rumpon itu sebagai bagian dari suatu rantai makanan dalam ekosistem laut,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Teknokrat Dr. H. Mahathir Muhammad menyampaikan kegiatan baksos merupakan kerja sama yang kesekian kalinya bersama Brigif 4 Marinir/BS. “Alhamdulillah sejak kepemimpinan Pak Nawawi, prajurit Marinir banyak turun ke masyarakat. Mudah-mudahan jalinan kerja sama tetap terjalin dengan baik,” ujarnya. Mahathir juga akan memberikan beasiswa kepada masyarakat di Pulau Legundi yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Teknokrat Indonesia sebagai kampus swasta terbaik di Lampung dengan akreditasi A dan Baik Sekali.

%d bloggers like this: