Monday, 28 September 2020

Berita Lain

Era New Normal, PkM Universitas Teknokrat Membantu Warga Kelurahan Susunan Baru Buat Alat Panen Hujan

Bandarlampung, – Fakultas Teknik dan Komputer (FTK) Universitas Teknokrat Indonesia salah satu PTS terbaik di Lampung, melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Kantor Kelurahan Susunan Baru Jl. Poebian No.15, Susunan Baru, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Kota Bandarlampung.

Ketua Tim PkM Fera Lestari, MT, Selasa (2/9/2020), kegiatan yang dilakukan dosen dan mahasiswa berupa sosialisasi mengenai pemanenan air hujan dan kegiatan pembuatan alat panen hujan. Tahapan kegiatan ini dimulai dari sosialisasi pemanenan air hujan pada 24 Agustus 2020, lalu dilanjutkan pembuatan alat panen hujan pada 27 Agustus 2020.

Fera melanjutkan, tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan masyarakat mengenai pemanenan air hujan dan meningkatkan pemanfaatan air hujan sebagai alternatif sumber air bersih di era new normal.

Pemanenan air hujan kata Fera, dilakukan untuk memanfaatkan sumber dari alam berupa air hujan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Air hujan yang dipanen dapat dimanfaatkan untuk kegiatan mencuci dan menyiram tanaman.

Menurut dosen teknik sipil ini, di era new normal seperti sekarang, kebutuhan air bersih meningkat dikarenakan masyarakat memiliki kebiasaan baru yaitu mencuci tangan. Sehingga memanen air hujan dapat menjadi salah satu solusi dalam menyediakan kebutuhan air bersih khususnya untuk kegiatan mencuci tangan. Selain sebagai alternatif sumber penyediaan air bersih, pemanenan air hujan dilakukan untuk merecharge air tanah dengan cara mengalirkan kelebihan air hujan yang telah di tampung ke dalam tanah.

Karena memanen air hujan akan membuat masyarakat memiliki tabungan air hujan. Dengan memanen hujan masyarakat dapat mengurangi limpahan air yang dapat menyebabkan banjir di musim penghujan dan di musim kemarau masyarakat memiliki tabungan air hujan yang bisa digunakan dengan harapan akan membantu masyarakat mengatasi kekurangan air.


Fera mengharapkan dengan kegiatan ini masyarakat semakin sadar akan manfaat air hujan sebagai sumber alternatif baru dalam pemenuhan kebutuhan air bersih. Kegiatan yang dilaksanakan oleh dosen Teknik Sipil Universitas Teknokrat Indonesia yang diketuai oleh Fera Lestari, MT dibantu dengan Try Susanto, S.Pd. M.Cs serta dosen teknik sipil lainnya, disambut baik oleh lurah dan pamong Kelurahan Susunan Baru.

 

Pembuatan alat panen hujan yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil Universitas Teknokrat dibantu oleh Lurah dan masyarakat Susunan Baru. Kegiatan ini juga mendapat sambutan yang baik dari Lurah Susunan Baru, Fajar Muntoni, ST dan mendapat respon yang baik dari masyarakat.

Diharapkan kegiatan pengabdian ini dapat terus berjalan dan memberikan manfaat khususnya di masyarakat Kelurahan Susunan Baru. Dalam kesempatan ini, Fera dan Tim mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, yang telah mendukung terlaksanannya kegiatan ini. “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Lurah Susunan Baru dan masyarakat yang sudah bahu-menbahu melaksanakan kegiatan PkM Universitas Teknokrat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Fera.