Prajurit Brigif 4 Marinir Pidato Berbahasa Inggris Usai Pelatihan Bahasa di Universitas Teknokrat

Bandarlampung, – Sebanyak 60 anggota Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Piabung Lampung telah mengikuti pelatihan bahasa dan teknologi informasi di Universitas Teknokrat Indonesia sebagai salah satu PTS terbaik di Provinsi Lampung.
Pelatihan Bahasa dan Teknologi yang diikuti prajurit Brigade Infanteri 4 Marinir/BS, yang berlangsung dari 22 Juni dan berakhir, 17 Juli, ditutup dengan pidato oleh prajurit dalam Bahasa Inggris. Kapten Mar. Sutan Achmad Sarif Nasution menyampaikan pidato dalam Bahasa Inggris. Begitu juga kesan dan pesan juga disampaikan dalam dua bahasa Inggris dan Indonesia.
Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, menyampaikan pengalamannya bagaimana belajar Bahasa Inggris sehingga dirinya bisa melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Nasrullah Yusuf mengatakan, sekarang ini, banyak metode dan cara untuk belajar Bahasa Inggris. Belajar bisa melalui berbagai cara bisa dilakukan otodidak, baik melalui audio televisi, film, listening, reading dan wraiting dan lain-lain. Begitu juga dengan komputer IT juga banyak perubahan. Tapi talent juga menentukan untuk menunjang kegiatan video editing.

Apa yang diberikan oleh Universitas Teknokrat dengan pelatihan ini, lanjut Nasrullah Yusuf, sebagai bentuk pengabdian dan ibadah. Membantu pemuda-pemuda yang berjihad untuk membantu mempertahankan Bangsa Indonesia ke masa yang akan datang. “Jadikan pelatihan ini sebagai pengalaman. Kita evaluasi apa yang kurang sehingga menjadi bahan untuk perbaikan di masa yang akan datang,” ujar Nasrullah. Rektor juga mengucapkan terimakasih kepada Komandan Brigif 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Nawawi, S.E., M.M. yang telah mengerahkan anggotanya untuk mengikuti pelatihan dan pendidikan di Universitas Teknokrat Indonesia, sehingga kedepan kerja sama ini akan terus berlangsung dan ditingkatkan.

Sementara itu, Danbrigif 4 Marinir/BS Kolonel Mar. Nawawi, SE, MM. Mengatakan, kegiatan pelatihan bahasa dan Teknologi Informasi ini merupakan wujud kerja nyata kerja sama antara Universitas Teknokrat Indonesia dan Brigif 4 Marinir/BS.

Kegiatan ini merupakan proses yang sangat penting untuk peningkatan SDM prajurit Brigif 4 Marinir dalam menjalankan tugas. Kegiatan ini juga menjadi titik awal untuk lebih memberikan semangat dan motivasi baru khususnya di jajaran prajurit Marinir/BS. Dengan pelatihan bahasa dan TI dan pengetahuan drone serta editing Video dapat diaplikasikan dalam tugas satuan. Selesainya pelatihan ini bukan sebuah akhir, tapi menjadi motivasi untuk belajar lebih banyak lagi. Agar menjadi prajurit yang mantap, penuh percaya diri dalam menjalankan tugas dan dapat melaksanakan tugas lebih baik. Sehingga lebih siap dalam menghadapi tantangan ke depan. Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Rusliawati, M.TI. Melaporkan, pelatihan personil anggota Brigif 4 Marinir/BS berlangsung dari tanggal 22 Juni - 17 Juli 2020. Jumlah peserta 60 orang terdiri; peserta pelatihan Bahasa Inggris 20 orang, TI 25 orang pelatihan pesawat tanpa awak 8 orang dan Multimedia 3 orang dan pelatihan master of ceremony (MC) 5 orang.

Materi pelatihan Bahasa Inggris meliputi, listening, speaking dan writing. TI dan komputer meliputi, pengelolaan angka, data, pengelolaan internet, pengelolaan video dan lain-lain. Peserta juga dinilai dan ditetapkan tiga peserta terbaik. Rusliawati menambahkan, pelatihan dengan Tema “Pelatihan Bahasa dan Teknologi Informasi untuk meningkatkan Profesionalisme Prajurit Brigade Infanteri 4 Marinir/BS”. Pelatihan Bahasa dan Teknologi Brigade Infanteri 4 marinir/BS di Universitas Teknokrat Indonesia merupakan wujud nyata Kerja Sama Brigade Infanteri 4 Marinir/BS dengan Universitas Teknokrat Indonesia.