Monday, 10 August 2020

Berita Lain

Terpilih Jadi Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Siap Kontribusi Untuk Bangsa dan Negara

Rektor Universitas Teknokrat Indonesia HM. Nasrullah Yusuf terpilih sebagai wakil ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2020-2021.
Diketahui, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Arif Satria didapuk menjadi ketua FRI pada Konferensi Forum Rektor Indonesia yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo melalui virtual meeting di Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (4/7/2020).
Rektor Teknokrat HM. Nasrullah Yusuf turut mengikuti konferensi secara virtual. Ia menyatakan siap mengemban amanah sebagai wakil ketua FRI untuk berkontribusi lebih jauh kepada bangsa dan negara. Menurutnya, Forum Rektor Indonesia merupakan suatu organisasi para pemimpin perguruan tinggi se-Indonesia yang bertujuan untuk memberikan masukan, kritik, dan saran kepada pemerintah.
"Termasuk untuk memecahkan berbagai persoalan bangsa di semua bidang,” kata Nasrullah dalam keterangan tertulisnya, Senin (6/7/2020).
Presiden Joko Widodo dalam pidatonya menyampaikan empat pesan kepada Forum Rektor Indonesia.
Jokowi mengajak FRI agar jangan menjadi forum komunikasi, tapi harus dikemas menhadi forum saling peduli dan saling berbagi. Perguruan tinggi yang mampu bisa membantu yang tidak mampu. Perguruan tinggi yang memiliki sesuatu bisa membantu yang belum punya.
“Berbagi pengalaman secara daring, berbagi kurikulum dan silabus, berbagi koleksi perpustakaan secara daring, berbagi dosen dan perkuliahan secara daring untuk maju berasama, memajukan mahasiswa seluruh Indonesia. Saya meyakini bisa dilakukan Forum Rektor Indonesia,” kata Presiden.

Kepala negara juga mengajak para rektor dan Forum Rektor Indonesia untuk memfasilitasi mahasiswa agar bisa belajar kepada siapa saja. Presiden menekankan agar mahasiswa tidak hanya belajar kepada disen tapi bisa belajar kepada pelaku industri, wirausahawan, prakrisi pemerintah, dan pelaku lapangan lainnya.

Tujuannya, agar mahasiswa dapat menangkap perubahan dunia yang dinamis, yang dipicu disrupsi dan hiperkompetisi yang terjadi sekarang ini. Kemudian mengajak perguruan tinggi lebih aktif bekerja sama dengan industri, termasuk bejerjasama dengan kawasan industri terdekat di wilayahnya.

Presiden juga menyampaikan perguruan tinggi dapat mengajak kawasan industri terdekat untuk melakukan kerjasama, membuka fakultas atau departemen atau program studi di kawasan yang karakter keilmuannya dekat dengan industri di kawasan tersebut.

"Saya berpesan yang paling penting perguruan tinggi harus memberikan perhatian besar kepada kesehatan fisik dan mental mahasiswa," ucapnya.

Terpilihnya Nasrullah sebagai wakil ketua Forum Rektor Indonesia semakin membuktikan bahwa Universitas Teknokrat Indonesia menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Lampung dan Nasional.