Thursday, 13 August 2020

Berita Lain

Prodi Sistem Informasi Akuntansi Universitas Teknokrat Indonesia Raih Akreditasi A dari BAN-PT

Bandar Lampung, - Terobosan dan inovasi yang dilakukan Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA dan seluruh sivitas akademika kampusnya sang juara ini membuahkan hasil. Akreditasi A Prodi Sistem Informasi Akuntansi yang telah diraih tetap bertahan dan peningkatan prodi lainnya.

Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada Program Diploma III Universitas Teknokrat Indonesia Lampung, mempertahankan predikat Akreditasi A, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penetapan kembali Akreditasi A Prodi SIA Universitas Teknokrat Indonesia, berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2088/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/IV/2020, tertanggal 1 April 2020, ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof T. Basaruddin.

Dijelaskan, bahwa Sertifikat akreditasi program studi ini berlaku sejak tanggal 1 April 2020, sampai dengan 1 April 2025.

Ketua Prodi Diploma III SIA Heni Sulistiani, S.Kom, M.Kom, mendampingi Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, Sabtu (4/4/2020), menjelaskan, Prodi D3 Sistem Informasi Akuntansi telah memperoleh Akreditasi A sejak tahun 2014. Program Studi D3 terus-menerus memperbaiki proses untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan SDM.

Di tahun 2019, lanjut Heni, Program Studi D3 mengajukan reakreditasi ke BAN-PT melalui Sapto (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online) dan diproses oleh BAN-PT. Pada tanggal 1 April 2020 telah terbit SK Akreditasi D3 SIA yang baru dengan tetap mempertahankan nilai A sampai tahun 2025.

Lebih lanjut Heni menjelaskan, banyak sekali yang menjadi poin penilaian dalam akreditasi. Pada saat pengajuan re-rakreditasi, masih menggunakan Borang Standar 7 yang terdiri dari :
1. Visi, misi, tujuan dan sasaran serta strategi pencapaian
2. Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu
3. Mahasiswa dan lulusan
4. Sumber daya manusia
5. Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik
6. Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi
7. Penelitan, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Menurut Heni, yang patut menggembirakan bagi Universitas Teknokrat Indonesia sebagai salah Satu Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Lampung adalah untuk perolehan nilai A, saat ini Prodi D3 SIA adalah satu-satunya Prodi yang terakreditasi A se-Sumatera.

Di Indonesia kata Heni, hanya ada dua program studi D3 SIA yang terakreditasi A. Salah satunya ada di Universitas Teknokrat Indonesia. “Jadi ini cukup membanggakan bagi Universitas Teknokrat Indonesia. Semua itu tidak lepas dari komitmen Pak Rektor dan pihak Yayasan Pendidikan Teknokrat untuk terus meningkatkan kualitas dosen dan fasilitas perkuliahan.
Oleh karena itu ayo kuliah di Universitas Teknokrat Indonesia. Hubungi pendaftaran online : spmb.teknokrat.ac.id,” ujar Heni.