Pelajar SMA/SMK/MA Ikuti Seminar Bahasa dan Pendidikan di Universitas Teknokrat
Wednesday, 08 April 2020

Berita Lain

Pelajar SMA/SMK/MA Ikuti Seminar Bahasa dan Pendidikan di Universitas Teknokrat

Ratusan siswa dan guru SMA/SMK/MA dari berbagai sekolah di Lampung mengikuti seminar bahasa dan pendidikan, di indoor Gelanggang Mahasiswa Dr. HM. Narsullah Yusuf, Sabtu (22/2/2020). Seminar mengambil tema “Promoting Self-Directed Learning Tiword Education 4.0″ (Mempromosikan Pembelajaran yang Mengarahkan Diri Sendiri Menuju Pendidikan 4.0”), dibuka oleh Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia Akhyar Rido, Ph.D, mewakili Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA.

Akhyar Rido dalam sambutannya mengatakan, Universitas Teknokrat Indonesia saat ini sudah menerapkan online learning (SPADA Teknokrat) yang digunkan oleh seluruh mahasiswa. Program ini memperoleh peringkat terbaik dari Kemendikbud. Sistem ini lanjut Rido, membuat mahasiswa dapat belajar dan kuliah secara mandiri dari mana saja melalui laptop dan smartphone. Untuk meningkatkan mutu dan memperluas jaringan internasional, Universitas Teknokrat juga telah berkolaborasi di bidang pendidikan, penelitan dan pengabdian kepada masyarakat dengan universitas-universitas di Swedia, Finlandia, Rusia, Cina, Uzbekistan, Malaysia.

Kemudian lanjut Rido, di tingkat nasional Universitas Teknokrat juga telah berkolaborasi dengan UGM, Unpad dan universitas lainnya. Teknokrat juga terus membangun softskills mahasiswa melalui berbagai perlombaan agar kompetitif. Belum lama ini kata Rido, mahasiswa Sastra Inggris memperoleh penghargaan Best Speaker Debate dan Best Live Report Newscasting pada ajang Olimpiade Bahasa Inggris Tingat Asia di Jakarta.

Untuk itu, kata Rido Universitas Teknokrat menyelenggarakan seminar bahasa dan pendidikan agar siswa/i SMA/SMK/MA beserta dewan guru dan sekolah memperoleh wawasan mengenai self-directed learning sehingga menjadi pembelajar. Kini dibutuhkan guru yang kreatif dan inovatif untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan pada era revolusi industri 4.0. Tampil sebagai pembicara dalam seminar ini, Berlinda Mandasari, MPd dan Sugama Maskar, M.PMat, keduanya dosen Universitas Teknokrat Indonesia.

Berlinda Mandasari membedah “Self-Directed Learning A Model of Learning to Face the Challenges in Industrial Revolution 4.0.” (Self-Arected Learning Model Pembelajaran untuk Menghadapi Tantangan dalam Revolusi Industri 4.0). Sedangkan Sugama Maskar membedah materi tentang Self Directed Learning : How to Greate Learning Environment in the Classroom, (Self Directed Learning: Bagaimana Menyamakan Lingkungan Belajar di Kelas). (W9)

Go to Top