Monday, 10 August 2020

Kerjasama

Tingkatkan Pendidikan dan Penelitian, Universitas Teknokrat Jalin Kerjasama dengan Universitas Indonesia

Sebagai salah satu kampus Terbaik di Lampung Universitas Teknokrat Indonesia kembali menjalin kerjasama dengan kampus ternama di Indonesia. Kali ini penandatangan kerjasama dilakukan dengan Universitas Indonesia (UI). Delegasi Universitas Teknokrat Indonesia yang dipimpin langsung oleh Rektor Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, diterima langsung oleh Rektor UI Prof. Dr. Ari Kuncoro, di kampus Depok. Dalam pertemuan antara Rektor UI dan Rektor Universitas Teknokrat, dilakukan penandatangan nota kesepahaman bersama (MoU) antara Rektor UI Prof. Dr. Ari Kuncoro dengan Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, di Ruang Sidang A Lantai 2 Gedung Rektorat UI Depok, Jumat (13/3/2020). Menurut Rektor Universitas Teknokrat HM. Nasrullah Yusuf, kedua kampus ini sepakat menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Usai penandatanganan kerjasama Rektor Universitas Teknokrat Indonesia HM. Nasrullah Yusuf berbincang-bincang Kepala Badan Kerjasama UI Prof. Dedi Priadi, Dekan FIB UI Dr. Adrianus Laurens Gerung dan Wakil Dekan I Fasilkom UI Dr. Petrus Mursanto dan jajaran manajemen UI. Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyambut baik langkah yang dilakukan Universitas Teknokrat menjalin kerjasama dengan UI.

Sementara itu, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia HM. Nasrullah Yusuf mengucapkan terimakasih banyak atas penyambutan dan kesediaan Rektor UI menerima delegasi dari Universitas Teknokrat yang dilanjutkan dengan penandatangan MoU kedua Universitas. Usai penandatangan MoU ini, Nasrullah Yusuf berharap terjadi komunikasi yang intens kedua universitas. Delegasi Universitas Teknokrat yang turut mendampingi Rektor antara lain, Wakil Rektor I Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, Wakil Rektor IV Achmad Yudi Wahyudin, S.Pd., M.Pd, Dekan FSIP Akhyar Rido, MA, Ph.D, Wadek I FTIK Agus Mulyanto, Wadek III FSIP Rizki Yuliandra, MPd dan pejabat Universitas Teknokrat.

Usai melakukan tandatangan MoU antara kedua Rektor, delegasi Universitas Teknokrat Indonesia melakukan kunjungan ke Fakultas Budaya UI, lalu ke pusat kegiatan mahasiswa UI dan lainnya. Sebelumnya, Universitas Teknokrat juga telah menjalin kerjasama dengan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Jakarta. (W9-jam)

Tingkatkan Kapasitas Dosen dan Mahasiswa Bidang Olahraga, Universitas Teknokrat Jalin Kerjasama dengan Fakultas Ilmu Olahraga UNJ

Salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia terus melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dosen dan mahasiswa dengan menjalin kerjasama sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia. Sebelumnya Universitas Teknokrat menjalin kerjasama dengan beberapa Fakultas UGM. Kali ini Universitas Teknokrat Indonesia melakukan Penjanjian Kerjasama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pada Rabu (11/3/2020) di Jakarta. Kerjasama dengan Fakultas Ilmu Olahraga UNJ dalam rangka meningkatkan kapasitas dosen dan mahasiswa dalam bidang olahraga.

Delegasi Universitas Teknokrat Indonesia yang dipimpin Wakil Rektor I Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, didampingi sejumlah pejabat Teknokrat antara lain, Wakil Rektor IV Achmad Yudi Wahyudin, S.Pd., M.Pd, Dekan FSIP Akhyar Rido, MA, Ph.D, Wadek I FTIK Agus Mulyanto, Wadek III FSIP Rizki Yuliandra, MPd.

Kunjungan Mahathir Muhammad bersama delegasi Universitas Teknokrat diterima di Fakultas Ilmu Olahraga Kampus B UNJ oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Prof. Dr. Toto Bintoro, M.Pd, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. Taufik Rihatno, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Drs. Mustara Musa, M.Pd, Ketua Prodi Magister Pendidikan Olah Raga Dr. Ramdan Pelana, M.Or dan jajaran manajemen serta dosen di Fakultas Ilmu Olahraga UNJ.

Mahathir Muhammad merasa senang dan bangga rombongan Universitas Teknokrat Indonesia diterima dengan terbuka oleh jajaran UNJ. Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerjasama UNJ, Prof. Dr. Toto Bintoro, M.Pd, menyambut baik delegasi Universitas Teknokrat Indonesia. Ia berharap kolaborasi antara UNJ dan Universitas Teknokrat segera terlanksana. Sementara itu, Dekan FSIP Universitas Teknokrat Indonesia Akhyar Rido, Ph.D, menjelaskan, penandatanganan perjanjian kerjasama antara FSIP Universitas Teknokrat Indonesia dengan Fakultas Ilmu Olahraga UNJ meliputi, Program persiapan lanjut studi doktoral (S3).

Kemudian kolaborasi riset dalam skema penelitian kerjasama antar perguruan tinggi. Peningkatan mutu jurnal sport science and efucation. Pemantapan program competency based test pelatih, wasit, atlet serta kegiatan bersama kemahasiswaan. (W9)

Kunjungan Hari Ke-3 Delegasi Universitas Teknokrat Indonesia ke Universitas Gadjah Mada

Hari Ke-3 Delegasi Universitas Teknokrat Indonesia sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Lampung, melakukan Penandatanganan MOU antara Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Teknokrat Indonesia dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada di Ruang Sidang Dekanat FMIPA (28/2/2020). Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara FTIK Universitas Teknokrat Indonesia dengan FMIPA Universitas Gadjah Mada diwakili oleh Dekan FTIK UTI Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. dengan Dekan FMIPA UGM Prof. Dr. Triyono, SU. Disaksikan juga Wakil Dekan Bidang Kerja Sama FMIPA UGM Dr. Eng. Edi Suharyadi, M.Eng.

Penandatangannan MoU ini dilaksanakan untuk mendukung pelaksanaan kerjasama di bidang:
1 Transfer Kredit Mahasiswa;
2 Program Magang Dosen;
3 Program Kolaborasi Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat dan Publikasi Bersama;
4 Program Pendampingan Akreditasi,

Selanjutnya Delegasi Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan kunjungan untuk melihat Proses dan Sarana Prasarana Penunjang Perkuliahan di Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA Universitas Gadjah Mada.

Kunjungan tersebut meliputi kunjungan ke Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Instrumentasi, Laboratorium Elektronika Dasar, students Lounge, dan Ruang Belajar Mahasiswa S2 dan S3 Departmen Ilmu Komputer dan Elektronika.

CETAK LULUSAN BERSTANDAR INTERNASIONAL, UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA SEPAKAT KOLABORASI DENGAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

Universitas Teknokrat Indonesia sebagai salah satu Perguruan Tinggis Swasta di Lampung terus berkomitmen dalam menjaga mutu lulusannya. Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan Universitas Teknokrat Indonesia sepakati kerjasama di bidang akademik dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada. Penandatangan Perjanjian Kerjasama yang dilaksanakan di Fakultas Ilmu Budaya (26/2) diwakili oleh Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan, Akhyar Rido, MA., Ph.D. dan Dekan Fakultas Ilmu Budaya Dr. Wening Udasmoro, M.Hum. DEA. Penandatanganan perjanjian kerjasama turut juga disaksikan Wakil Rektor Akademik UTI, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Nur Saktiningrum dan Wakil Dekan Bidang Kerjasama Dr. Agus Suwignyo Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Dekan FSIP, Akhyar Rido, MA., Ph.D. menyatakan bahwa kerjasama ini akan meningkatkan percepatan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan menuju Fakultas berstandar internasional. Empat poin utama dalam pelaksanaan kerjasama ini adalah:
Kegiatan Transfer kredit mahasiswa Sastra Inggris FSIP UTI bertujuan untuk memberikan kesempatan mahasiswa Sastra Inggris FSIP UTI untuk memperoleh pengalaman belajar, mengerjakan proyek bersama, kesempatan studi budaya, dan kemahasiswaan di Prodi Sastra Inggris FIB UGM yang telah terakreditasi A. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada semester Ganjil 2020/2021;


Peninjauan kurikulum bertujuan untuk memperoleh informasi, masukan, dalam rangka pengembangan dan pemutakhiran kurikulum Program Studi S1 Sastra Inggris FSIP UTI. Program ini akan memastikan relevansi muatan mata kuliah terhadap kebutuhan dunia kerja, industri lokal, nasional dan global di era Revolusi Industri 4.0, menjelang Society 5.0, serta menghasilkan satu rumusan kurikulum yg beriorientasi di masa kini dan masa yang akan datang guna memperoleh lulusan yg bermutu;
Kegiatan magang dosen (sit-in) bertujuan untuk mempelajari proses perkuliahan dilakukan oleh dosen-dosen Program Studi S1 Sastra Inggris FIB UGM; Program ini akan menjadi rujukan, guna menghasilkan standar proses perkuliahan bermutu yang juga berujung pada lulusan yang berdaya saing global; Program ini juga mempersiapkan dosen FSIP UTI untuk program lanjut studi di Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Peningkatan mutu kelembagaan dalam proses pendampingan persiapan akreditasi oleh Badan akreditasi nasional maupun internasional. FIB UGM telah sepakat untuk menjadi mitra FSIP UTI dalam pendampingan penyusunan akreditasi IAPS 4.0 Prodi menuju Akreditasi A (Unggul) dan memperoleh akreditasi internasional dari badan sertifikasi perguruan tinggi internasional. Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM. menyatakan bahwa dengan kerjasama ini akan menargetkan akreditasi unggul untuk prodi di lingkungan Universitas Teknokrat Indonesia. “Universitas Teknokrat Indonesia ingin berperan dalam pembangunan bangsa dengan melahirkan lulusan yang berdaya saing global”. Selain itu, terpilihnya FIB UGM menjadi Kampus Mitra Universitas Teknokrat Indonesia karena saat ini UGM berada pada peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke-18 di Asia versi 4 International College and University (4ICU) tahun 2020.

Teknokrat Jalin Kerjasama dengan Daegu Catholic University Korea Selatan, Mahathir Muhammad Lihat Langsung Perakitan Mobil

Dalam lawatannya ke Korea Selatan, Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr. H. Mahathir Muhammad, SE, MM, melakukan kunjungan dan menjalin kerjasama dengan sejumlah Universitas di Korea Selatan (Korsel). Mahathir Muhammad juga Wakil Rektor I Universitas Teknokrat Indonesia ini melakukan kunjungan ke Daegu Catholic University, Kamis (24/10/2019). Dalam kesempatan ini, Universitas Teknokrat Indonesia melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Daegu Catholic University. Penandatangan kerjasama dari pihak Universitas Teknokrat Indonesia dilakukan oleh Dr. Mahathir Muhammad, SE., MM, dan pihak Daegu Catholic University dilakukan oleh Dr. Anna Kim. Usai kedua belah pihak melakukan penandatangan kerjasama, Mahathir Muhammad diajak tour ke bengkel perakitan mobil yang ada di Jurusan Otomotif Daegu Catholic University. Disini Mahathir Muhammad diajak melihat langsung proses pembongkaran, perakitan atau pembuatan mobil listrik oleh mahasiswa.

Menurut Mahathir Muhammad, mahasiswa Teknokrat sudah mempunyai modal untuk merakit mobil. Mobil yang sudah dibuat mahasiswa Teknokrat yaitu mobil hemat energi yang dibuat oleh mahasiswa Teknik Elektro. Selanjutnya, bagaimana memodifikasi dan melakukan eksperimen berbagai jenis mobil sehingga keahlian mahasiswa berkembang. Di Daegu Catholic University praktek mahasiswa dalam merakit mobil sudah sangat maju dan tentunya semua terkait biaya. Karena mahasiswa di Daegu Catholic University ini, melakukan pembongkaran mobil dari berbagai merk dan harga. Mobil yang dibongkar tersebut dipelajari komponen mesinnya lalu dirakit seperti semula. Seperti mobil rektor kampus ini yang seharga 1,5 miliar Won, oleh mahasiswa dibongkar. Masih dalam lawatannya ke Korsel, Universitas Teknokrat Indonesia juga telah menjalin kerjasama/Memorandum of Understading (MoU) dengan Universitas Nasional Gangneung Wonju Korea Selatan (Korsel).

Nota kesepahaman antara Universitas Teknokrat Indonesia dengan Universitas Nasional Gangneung Wonju, dilakukan di kampus Wonju, Senin (21/10/2019). Dari Teknokrat dilakukan oleh Wakil Rektor I Dr. Mahathir Muhammad, SE, MM dan dari Universitas Nasional Gangneung Wonju, dilakukan Acting President Deok Young Park. (W9)