Luar Biasa, Mahasiswa Teknokrat Juara 1 Kontes Esai Matematika Nasional
en id
Friday, 14 December 2018

Latest News

Luar Biasa, Mahasiswa Teknokrat Juara 1 Kontes Esai Matematika Nasional

Luar biasa, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia kembali meraih prestasi di tingkat Nasional. Kali ini, mahasiswa Teknokrat Refiesta Ratu Anderha, telah berhasil meraih juara satu Lomba Esai Matematika Nasional (LEMNAS) ke V dalam acara Gema Mahasiswa Matematika Universitas Pendidikan Indonesia (GMM UPI) pada 11 – 25 November 2018.

Refiesta mengangkat, budaya Lampung dalam esai yang ia buat dengan judul Etika Lampung. Etika Lampung adalah anagram dari Etnomatematika Lampung, merupakan suatu pembelajaran matematika dengan pendekatan budaya Lampung. Dalam esai terssebut, Refiesta mengangkat sub tema “Pembelajaran Transformasi Geometri dengan Pendekatan Motif Kain Tapis”. Sementara itu, Sugama Maskar, S.Pd., M.Pmat, dosen pembimbing Refiesta menyebutkan bahwa terdapat dua tahapan dalam LEMNAS yang diselenggarakan GMM UPI tersebut.

Tahap pertama, panitia menilai esai. Kemudian tahap selanjutnya penilaian dilakukan melalui video presentasi yang dikrimkan bersamaan dengan esai tersebut. Pada tahap pertama, terdapat 12 Perguruan Tinggi yang lolos diantaranya Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan IKIP Siliwangi. Setiap Perguruan Tinggi ada yang mengirimkan lebih dari satu esai. Pada tahap kedua, diambil tiga besar dengan tambahan nilai dari video presentasi, pada tahap akhir tersebut Universitas Teknokrat Indonesia meraih peringkat pertama dengan diikuti oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta pada peringkat dua dan tiga.

Atas ptestasi yang diraih, Refiesta mengaku merasa sangat bahagia atas pencapaian tersebut. Terlebih sebelumnya diajang yang sama ia mendapatkan peringkat kedua. Refiesta mengucapkan terima kasih pada Unversitas Teknokrat Indonesia yang selalu mendukung mahasiswanya dalam berbagai kegiatan perlombaan.

Refiesta juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unviersitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA, yang selalu memotivasi dan memberikan motivasi kepada mahasiswanya untuk menjadi Sang Juara. (W9)

Go to Top