Mahasiswa Teknokrat Juara Debat Bahasa Inggris Wilayah Sumatera
en id
Friday, 14 December 2018

Latest News

Mahasiswa Teknokrat Juara Debat Bahasa Inggris Wilayah Sumatera

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia kembali meraih juara dalam kompetisi Bahasa Inggris di Wilayah Kopertis II Sumbagsel.

Kali ini mahasiswa Universitas Teknokrat juara Debat Bahasa Inggris Sumatera. Bukan cuma itu, beberapa mahasiswa Teknokrat juga meraih Predikat Pembicara terbaik (best speaker) dalam English Debating Society State Polytechnic of Sriwijaya yang digelar pada 9-12 November 2018, di Palembang.

Ketua Prodi Sastra Universitas Teknokrat Suprayogi, Selasa (13/11/2018) menjelaakan, The 9th Sumatran IDEA Debate 2018, diikuti perguruan tinggi di Wilayah Sumatera, diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Sriwijaya (POLSRI). Teknokrat dalam kompetisi ini mengirimkan tiga tim.

Suprayogi melanjutkan, jenis lomba dalam kegiatan ini yaitu, Debat Bahasa Inggris (Sistem: British Parliamentary Debate). Dengan peserta satu tim dua mahasiswa.

Sedangkan Fase Lomba yaitu, 4 kali babak penyisihan, babak pre-semifinal, babak semifinal dan babak grandfinal.

Alhamdulillah kata Suprayogi, tim dari Universitas meraih Juara 2 Debat Bahasa Inggris (Qadryza Claudia dari Sastra Inggris dan Siti Rodiyah Sistem Informasi angkatan 2017.

Selain itu, mahasiswa Teknokrat juga meraih juara The Second Best Speaker/ Pembicara Terbaik kedua diraih oleh Qadryza Claudia Sastra Inggris angkatan 2016) dari 40 pembicara yang tampil.

Kemudian, The Third Best Speaker/ Pembicara Terbaik ketiga diraih oleh Desy Yulia Adha dari Sastra Inggris angkatan 2016. The Sixth Best Speaker/Pembicara Terbaik keenam diraih Malik Akbar Junaidi dari Sastra Inggris. The Eight Best Speaker/ Pembicara Terbaik kedelapan diraih oleh Siti Rodiyah dari Sistem Informasi.

The 2nd Breaking adjudicator/Juri terbaik kedua diraih oleh Felisia N Susanto dari Sastra Inggris angkatan 2018 dan The 6th Breaking adjudicator/Juri terbaik keenam diraih oleh Lita Sari dari Sastra Inggris angkatan 2018.

Keberhasilan mahasiswa tidak lepas dari dukungan Rektor, Yayasan, Dekan dan peran dosen pembimbing Dina Amelia, M.Hum. Tim-tim dari Teknokrat tergabung di Teknokrat English Club (TEC) divisi debat. TEC mengirimkan 3 tim debat dan 4 juri/adjudicator. TEC telah melakukan persiapan dalam satu bulan terakhir melalui pelatihan intensif bersama anggota TEC, dan alumni.

Sementara itu, Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia, Akhyar Rido, Ph.D, Rektor Universitas Teknokrat Dr. HM. Narullah Yusuf, SE, MBA, saat dimintai tanggapannya, Selasa (13/11/2018), merasa sangat bangga. Apalagi mahasiswa yang menjadi juara merupakan mahasiswa angkatan 2017 dan 2018, masih semester 1 dan semester 3.

Selain itu, adanya dukungan penuh Rektor Teknokrat dan Yayasan Pendidikan Teknokrat dalam bentuk anggaran dan fasilitas. Sehingga menambah semangat mahasiswa dalam mengikuti lomba.

“Ke depan kami terus mempersiapkan mahasiswa untuk bertanding ke ajang yang lebih besar yaitu ALSA English Competition di Universitas Indonesia, Asian English Olympics di Universitas Bina Nusantara, dan National University Debating Championship,” ujar Akhyar Rido. (W9)

Go to Top