Karya Tulis Mahasiswa Pendidikan Matematika Teknokrat Masuk 10 Besar Terbaik Nasional
en id
Saturday, 17 November 2018

Latest News

Karya Tulis Mahasiswa Pendidikan Matematika Teknokrat Masuk 10 Besar Terbaik Nasional

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Kali ini karya tulis majasiswa masuk 10 besar esai terbaik menyisihkan 40 peserta lain dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Prestasi ini diukir oleh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika atas nama Refiesta Ratu Anderha, Yolanda Dwi Prastika, dan Lily Parnabhakti dengan nama tim d’Muli.

Tim d’Muli menyusun karya tulis berbasis riset dengan metode Research and Development (R&D) dengan mengembangkan aplikasi berbasis android yang diberi nama Singgah Pai.

Aplikasi tersebut dikembangkan dengan tujuan memperkenalkan budaya, bahasa, dan pariwasata di Provinsi Lampung. Aplikasi tersebut mempunyai enam fitur utama, yaitu pariwisata, pakaian adat, makanan tradisional, bahasa lampung, pernikahan, serta rumah adat Lampung.

Tim D’Muli Program Studi Pendidikan Matematika lolos 10 besar esai terbaik pada ajang Sebelas Maret Statistics Writing Competition (SWC) tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret.

10 karya tulis terbaik tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia diantaranya Universitas Teknokrat Indoensia (UTI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, Universitas Kristen Petra, Politkenik Elekronika Negeri Surabaya, Universitas Bengkulu, dan Universitas PGRI Adi Buana.

Menurut Sugama Maskar, S.Pd, M.PMat, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Teknokrat Indonesia, penentuan 10 besar esai terbaik tersebut diraih melalui tahap seleksi yang ketat. Tahap seleksi dibagi menjadi dua bagian yaitu penilaian abstrak untuk menyeleksi seluruh peserta menjadi 40 besar. Setelah itu, penilaian full paper yang dilaksanakan pada rentang tanggal 23 september 2018 sampai dengan 5 Oktober 2018. Setelah melalui tahap penilaian, 10 besar paper terbaik diumumkan pada bulan oktober 2018.

Refiesta selaku ketua dari tim d’Muli menyatakan bahwa dirinya merasa sendang dan bangga dengan prestasi tersebut. Ia mengatakan bahwa hasil tersebut diraih melalui proses dan perjuangan yang cukup panjang dengan dibimbing oleh dua dosen yaitu Sugama Maskar, M.PMat dan Putri Sukma Dewi, M.Pd.

Namun dengan dukungan penuh dari pihak kampus Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) perjuangan tersebut akhirnya terbayarkan. Refiesta juga mengucapkan terima kasih pada Rektor Universitas Teknokrat Indonesia, Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA yang selalu mendukung mahasiswanya untuk berkreasi dan berinovasi sehingga dapat menghantarkan mereka menjadi sang juara. (W9)

Go to Top