Dari KKL Mahasiswa Berprestasi PT Teknokrat Lampung ke Malaysia (Hari 3)
en id
Saturday, 17 November 2018

Latest News

Dari KKL Mahasiswa Berprestasi PT Teknokrat Lampung ke Malaysia (Hari 3)

Hari terakhir di Malaysia, rombongan mahasiswa berprestasi PT Teknokrat Lampung mengunjungi dua temp at bersejarah di negeri jiran ini, Ya, kemarin (16110), rombongan hanya mengunjungi Istana Negara Malaysia dan Independent Square (Lapangan Merdeka). Hanya dua tempat itu yang dikunjungi lantaran rombongan dijadwalkan meninggalkan Malaysia pada pukul14.00 waktu Malaysia. Waktu yang disediakan berkunjung ke dua lokasi itu juga tidak lama. Masing-masing tempat hanya sekitar 20 menit. Wajar memang. Sebab, proses untuk rneninggalkan Malaysia tidak rnudah. Selain harus melalui serangkaian perneriksaan imigrasi, jumlah rombongan juga tidak sedikit. Sehingga rombongan harus tiba lebih awal di Bandara Intemasional Kuala Lumpur. Di dua ternpat itu juga, rornbongan rnahasiswa hanya berfoto-foto. Namun, sebelumnya rnereka sudah mendapatkan penjelasan sekilas dari tour guide Mr. Anwar melalui pengeras suara yang ada di  bus rnengenai dua ternpat bersejarah di Malaysia itu.

 

Dari Mr. Anwar, diketahui bahwa Istana Negara merupakan ternpat bermukimnya raja Malaysia atau sering juga disebut Yang Dipertuan Agung bersama keluarganya. Yang Dipertuan Agung dipilih secara musyawarah oleh sernbilan raja yang ada di Malaysia. Masa jabatannya adalah lima tahun. "Yang Dipertuan Agung juga rnemiliki beberapa kewenangan, salah satunya adalah bisa rnencopot Perdana Menteri (PM) Malaysia; jelasnya. Sernentara, terkait sejarah Lapangan Merdeka, Mr. Anwar hanya rnenjelaskan bahwa ternpat itu adalah tempat di mana kali pertama dikibarkannya bendera Malaysia menggantikan bendera Union Jack (England). "Di Lapangan Merdeka juga ada air rnancur yang rnerupakan hadiah dari Ratu Victoria dari Kerajaan lnggris," ujamya. Setelah setengah jam perjalanan dari hotel, akhimya rornbongan tiba di Istana Negara. Namun, di sini rombongan hanya bisa sampai pintu gerbang istana dan hanya bisa berfoto dengan penjaganya. Usai berfoto-foto, rombongan lantas menuju Lapangan Merdeka. Di sini, rornbongan juga hanya berfoto-foto dengan latar belakang air rnancur dan bangunan-bangunan bergaya Inggris.

Setelah berfoto- foto, rornbongan lantas langsung menuju Bandara Intemasional Kuala Lumpur dan tiba di tanah air sekitar pukul17.00 WlB. Sebelum pulangke Lampung. rornbongan dengan rnenggunakan bus pariwisata sernpat mampir ke ITC Cempaka Mas Jakarta untuk rnakan rnalam. Beruntung. di dalam bus, Radar Lampung kebetuIan duduk bersebelahan dengan Ketua Yayasan PT Teknokrat Mahathir Muhammad. Dari hasil diskusi selama perjalanan, darinya diketahui bahwa PT Teknokrat sudah rnenjalani memorandum of understanding dengan University of Malaya (UM) dan University Kebangsaan Malaysia (UKM). "Bahkan pada Februari 2015, mahasiswa UM dan UKM rencananya berkunjung ke PT Teknokrat," katanya. Selain itu, ke depan rencananya PT Teknokrat rnengirimkan mahasiswanya untuk belajar selama satu semester di UM maupun UKM. "Selain mahasiswa, dosen pun akan kami kirimkan untuk belajar di sana.

Begitu juga sebaliknya, dosen mereka pun akan berkunjung ke PT Teknokrat," jelasnya. Sernentara, salah satu rnahasiswi berprestasi PT Teknokrat Lampungyang ikut ke Malaysia rnengaku senang bisa berkunjung ke negeri jiran itu. "Banyak pengalaman yang saya dapat. Selain bisa tahu cara rnereka belajar, temyata mahasiswa UKM dan UM welcome-welcome:' katanya. Mahasiswi yang terpilih rnenjadi Putri Kopertis Wllayah II 2014 ini juga rnengaku tidaksabar untuk menunggu kunjungan balasan rnahasiswa UM dan UKM pada Februari mendatang. "Saya akan menjadi tour guide rnereka. Ternan-ternan juga akan menyambut kedatangan mereka nanti di Lampung," ungkap rnahasiswa berparas cantik ini. (p2/ c2/whk). RadarLampung.

Go to Top