Kopertis Wilayah II Gandeng Teknokrat Jadi Tuan Rumah Olimpiade Nasional MIPA PT 2018
en id
Monday, 22 October 2018

Latest News

Kopertis Wilayah II Gandeng Teknokrat Jadi Tuan Rumah Olimpiade Nasional MIPA PT 2018

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar kegiatan Olimpiade Nasional Matematika dan IPA bagi perguruan tinggi (ON MIPA PT 2018). Kegiatan digelar secara serentak di 14 wilayah Kopertis se-Indonesia pada 21-22 Maret 2018.

Untuk Wilayah Kopertis II, Universitas Teknokrat Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah. Kopertis Wilayah II sendiri meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kegiatan pembukaan dan pengarahan sebelum olimpiade dimulai, Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis Wilayah II Rustina HR, SE, M.Si mengatakan, ON MIPA PT 2018 meliputi 4 bidang ilmu yakni Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Peserta dari Kopertis Wilayah II terdiri dari 244 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

Rustina juga menjelaskan bahwa seleksi ON MIPA PT di tingkat wilayah ini akan menentukan 64 mahasiswa terbaik untuk kemudian melaju ke babak nasional. Di tingkat nasional nanti akan dipilih 20 mahasiswa terbaik. Di akhir sambutannya Rustina menyampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia yang telah mempersiapkan kegiatan ON MIPA PT 2018.

“Kami merasa senang dapat bekerja sama dengan kampus Teknokrat. Semoga kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” tutur Rustina yang mewakili Koordinator Kopertis Wilayah II tersebut di Gelanggang Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Rabu pagi, 21/3/2018.

Pihak tuan rumah sendiri, sebagaimana disampaikan Wakil Rektor I Yeni Agus Nurhuda S.Si, M.Cs merasa senang dengan ditunjuknya Teknokrat sebagai salah satu penyelenggara. Menurutnya, kepercayaan tersebut menjadi sebuah pengakuan dan penghargaan kepada Teknokrat sebagai kampus berprestasi di Kopertis Wilayah II.

“Meskipun Teknokrat baru jadi universitas dan baru memiliki program studi Pendidikan Matematika, tidak menyurutkan kami untuk terus meningkatkan diri. Berbagai pembinaan prestasi mahasiswa di bidang teknologi, bahasa, dan MIPA digalakkan. Alhamdulillah terlihat hasilnya dengan berbagai prestasi yang diraih,” tutur Agus di depan peserta dan dosen pendamping.

Kegiatan ON MIPA PT merupakan kegiatan rutin Dirjen Belmawa Kemenristekdikti yang digelar setiap tahun. Tujuan dari ON MIPA PT adalah untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA.

Selain itu, mendorong peningkatan kualitas dan memperluas wawasan staf pengajar bidang MIPA, memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, menjadi sarana promosi dan meningkatkan daya tarik Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di tengah-tengah masyarakat.

Go to Top