Teknokrat Juara Umum Lomba Mobile Programming dan Web Developmet
en id
Sunday, 09 December 2018

Latest News

Teknokrat Juara Umum Lomba Mobile Programming dan Web Developmet

Perjuangan mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia pada babak final Festival Information Technology (FIT) Competition 2018 tingkat nasional berakhir manis. Dari empat tim yang lolos ke babak final, tiga tim dinyatakan juara dalam lomba yang digelar Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga Jawa Tengah, 13-15 April 2018 tersebut.

Pada kategori Mobile Programming, Tim Uzure dari Teknokrat berhasil meraih juara I dengan aplikasi Smart Kandang V.2.0 Beta dan Juara Harapan I lewat Tim Lucky Nuts dengan aplikasi Smart Farm Solution System. Sementara Pada kategori Web Development Teknokrat meraih juara II melalui Tim Gadis Desa dengan web ternak.in.

Prestasi tersebut terbilang sangat istimewa dibanding tahun 2017 yang hanya meraih juara III pada kategori mobile programming. Tahun lalu mahasiswa Teknokrat berhasil membuat aplikasi Safety Car Monitoring System (SCMS). Aplikasi tersebut merupakan alat untuk memonitoring pengemudi remaja saat berkendara.

Ketua tim Uzure Rizki Oktavian menjelaskan, babak final dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah melakukan coding selama 12 jam tanpa istirahat dan mendemonstrasikannya di depan juri. Tahap berikutnya peserta mempresentasikan latar belakang pembuatan aplikasi tersebut.

“Pengalaman yang luar biasa. Selain prosesnya yang melelahkan, kami juga harus berhadapan dengan juri-juri yang merupakan profesor-profesor di bidang pemrograman. Beruntung kami dapat melewatinya meskipun hanya menjadi juara tiga,” tutur mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer tersebut.

  

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr H Mahathir Muhammad, SE, MM. mengatakan, prestasi nasional tersebut makin menasbihkan Teknokrat sebagai kampus dari Lampung yang memiliki reputasi nasional, terutama di bidang komputer dan teknologi informasi.

“Prestasi tersebut makin menambah gairah universitas dalam membangun kekuatan di bidang komputer dan teknologi informasi. Saya sangat mendorong mahasiswa menghasilkan banyak karya, terlebih yang bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga semakin banyak sumbangsih kampus terhadap masyarakat,” ujar Mahathir.

Pada babak final tersebut, Tim mobile programming mengalahkan Universitas PGRI Yogyakarta dengan juara II, lalu tuan rumah Universitas Kristen Satya Wacana dengan juara III. Untuk web development, Juara I diraih Universitas Kristen Dutawacana Yogyakarta, dan Juara III Universitas Kristen Satya Wacana.

Dari Teknokrat, keempat tim yang berlaga pada babak final yaitu Tim Uzure, Anak Bawang, Gadis Desa, dan LuckyNuts. Tim diisi mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) berjumlah 12 mahasiswa dan dibimbing 3 dosen yakni Yusra Fernando, M Kom, Rohmat Indra Borman, M Kom dan Imam Ahmad, M Kom. (*)

Go to Top