Animedia Teknokrat, Wadah Kreativitas dan Seni
en id
Wednesday, 20 March 2019

Latest News

Animedia Teknokrat, Wadah Kreativitas dan Seni

BANDAR LAMPUNG- Minat para remaja dan mahasiswa dalam bidang animasi dan videografi kini sangatlah besar. Mereka berlomba-lomba menciptakan sebuah karya animasi yang dapat menarik perhatian banyak orang. Hal ini pun ternyata mendapat perhatian khusus dari Perguruan Tinggi Teknokrat Lampung.

Hal ini lah yag menjadi dasar membuat perguruan tinggi yang dijuluki Kampusnya Sang Juara itu membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Animasi dam Multimedia  (Animedia) Teknokrat.

Animedia digunakan untuk menampung bakat dan minat para mahasiswa-nya dalam mengembangkan potensi yang ada. Menurut ketua umum Animedia, Nur Miftahul Haq, Animedia dibentuk sejak Maret 2015 lalu dan berjalan sangat baik.

“Animedia ini adalah organisasi mahasiswa yang mempelajari berbagai macam ilmu tentang animasi dan multimedia. Seperti desain, animasi 3D dan 2D, video, sound editing, fotografi, dan masih banyak lainnya.Selama ini ukm kita berjalan lancar dan banyak respon positif,” katanya.

Saat ini, UKM Animedia memiliki 70 orang anggota tetap yang berasal dari berbagai macam jurusan. Baik dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK), Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK), maupun Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA). Sedangkan untuk divisi, terbagi menjadi dua yaitu, Divisi Project dan Divisi Pendidikan.

Menjadi UKM terbaik di tahun 2020 dibidang Animasi dan Multimedia serta sebagai wadah kreativitas mahasiswa dalam menyalurkan bakatnya dengan menghasilkan prestasi dibidang Animasi dan Multimedia baik tingkat nasional dan internasional. Itulah visi dari UKM Animedia.

Seperti yang diutarakan Digdo Jati Nugroho, ketua divisi project Animedia. Menurutnya, visi tersebut bias berjalan apabila semua pihak dapat diajak bekerjasama.

“Tentu kalau dari semua pihak bisa bekerjasama dan bertanggungjawab, semuanya akan berjalan seperti yang diharapkan dan semua program kerja bisa terlaksana,” katanya.

Digdo juga mengatakan bahwa kedepan, UKM Animedia akan lebih mengikuti berbagai kompetisi dibidang Animasi dan Multimedia baik di tingkat nasional ataupun internasional dan terus berkarya.

“Kami akan selalu berusaha untuk terus produktif. Menciptakan karya yang bermanfaat untuk masyarakat luas, nggak hanya untuk kampus kami tercinta saja. Tapi untuk nama daerah dan Negara,” ujar mahasiswa Teknik Informatika ini.

Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat. Dr. (can) H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. di sela-sela aktivitasnya saat mengunjungi Ukm Fair di Gedung Serba Guna Teknokrat, Jum’at (02/10) lalu memaparkan alasan mengapa Teknokrat sangat mendukung adanya Ukm Animedia. Menurutnya, dalam dunia kerja, animasi dan multimedia sangatlah diperlukan.

“Multimedia khususnya, diperusahaan sangatlah penting dan dibutuhkan. Maka itu, dengan adanya Ukm ini, anak-anak bisa belajar. Selain itu, UKM ini juga bisa sebagai wadah bagi para mahasiswa yang memiliki hobi dan potensi dibidang seni. Melalui multimedia, para mahasiswa dapat mengembangkan dan terus mengasah kemampuan mereka untuk dapat menjadi seorang sineas yang professional,” katanya.

Sebagai penunjang aktivitasdi UKM Animedia, pihak kampus telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang dibutuhkan. Selain itu, pihak kampus juga memberikan peluang dan mendukung setiap perlombaan yang akan diikuti Ukm Animedia. Lebih lanjut, Mahathir mengungkapkan bahwa di UKM Animedia juga akan di dirikan Production House (PH) yang nantinya bisa melayani kebutuhan masyarakat di luar.

“Iya segera. Jadi nggak hanya dari kampus saja. Kalau ada yang butuh seperti photographer, pembuatan film pendek, dan lain-lain jadi bisa ke PH Animedia Teknokrat,” ujarnya.

Mahathir berharap, UKM Animedia kedepannya akan terus berkembang, maju, dan besar.selalu meningkatkan prestasi baik nasional ataupun internasional, serta dapat menciptakan karya-karya yang luar biasa yang dapat dimanfaatkan orang banyak. Sehingga nantinya bisa melahirkan orang-orang hebat yang ahli dibidang animasi dan multimedia. (snd/wdi)

Go to Top