Teknokrat Juara Nasional Pidato Bahasa Jepang
en id
Tuesday, 19 March 2019

Latest News

Teknokrat Juara Nasional Pidato Bahasa Jepang

Teknokrat raih Juara 3 Nasional Pidato Bahasa Jepang diselenggarakan oleh Japan Foundation di Gedung Soenna Hall, Jakarta Pusat (20/6). Mahasiswa D3 Bahasa Jepang STBA Teknokrat, Nisa Aprilia berhasil meraih Juara 3 yang mengalahkan puluhan peserta dari setiap propinsi

di seluruh Indonesia. Peserta lomba juga merupakan perwakilan dari universitas terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya dan Universitas Airlangga (Unair). Sebelumnya, Nisa telah melalui tahap seleksi tingkat Sumatera dan meraih Juara 1 se-Sumatera Pidato Bahasa Jepang yang berlangsung di Universitas Bung Hatta Padang. Dengan demikian, Nisa berhak mewakili Sumatera melaju ke Tingkat Nasional dan berhasil memikat para Juri yang sangat berkompeten dibidangnya dan berasal dari Japan Foundation yang didatangkan langsung dari Jepang. Pada perlombaan tersebut, Nisa membawakan pidato berjudul “Sensei Shitsumon Ga Arimasu” (Sensei Saya Punya Pertanyaan) yang memiliki makna cara bertanya saat kita tidak mengerti tentang suatu hal. Tak hanya piala kemenangan yang diterima oleh Nisa dari Kedubes Jepang, tetapi juga berhak mendapatkan mesin cuci, beragam kamus dan buku-buku Bahasa Jepang.

 

Selama 4 bulan, Nisa telah mempersiapkan diri untuk menghadapi perlombaan ini dengan sangat maksimal yang dibimbing oleh Inukai Hideo Sensei, dosen Teknokrat dari Jepang. Latihan intensif ini membuat Nisa berhasil memenuhi beberapa kriteria penilaian untuk menjadi juara dalam Perlombaan Pidato Bahasa Jepang ini. Kriteria-kriteria juara yaitu peserta harus menguasai dengan baik isi pidato, tata bahasa, aksen dan kelancaran, ekpresi dan intonasi. Peserta juga harus dapat menjawab pertanyaan dari juri dengan lancar dan tepat. Hideo Sensei selalu berusaha memberikan motivasi dan ilmu yang dimilikinya kepada mahasiswa agar dapat berprestasi dan menjadi Sang Juara.

 

Teknokrat selalu berusaha menciptakan mahasiswa dan alumninya untuk terus berprestasi dan mampu bersaing di dunia kerja dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya alumni Teknokrat yang telah diterima bekerja di perusahaan berskala Internasional. Salah satu alumni D3 Bahasa Jepang, Riskhi Sucindawini yang juga Juara 1 Pidato Bahasa Jepang di ajang yang sama pada tahun 2013, sekarang sudah bekerja di perusahaan Jepang, di Suzuka, Mie, Jepang.(DS/NH/GS)

 

http://teknokrat.ac.id/images/stories/2015/Juli/jn%201.jpg 

Last Updated ( Tuesday, 28 July 2015 08:08 )

Go to Top