TEKNOKRAT SCIENTIFIC SEMINAR 2012
en id
Saturday, 17 November 2018

Latest News

TEKNOKRAT SCIENTIFIC SEMINAR 2012

STBA Teknokrat menyelenggarakan Scientific Seminar 2012 (7/2) sebagai salah satu agenda tahunan Perguruan Tinggi Teknokrat. Scientific Seminar 2012 merupakan pembuka rangkaian acara Teknokrat Festival 2012. Seminar ilmiah ini bertemakan Knowledge, Culture, and Creativity for Marvelous Achievements
(Pengetahuan, Budaya dan Kreatifitas untuk mencapai Prestasi yang Menakjubkan) yang diikuti sekitar 300 siswa/i SMA/SMK/MA se-Bandar Lampung di Aula Perguruan Tinggi Teknokrat. Acara ini dibuka oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Dr. (can). Hi. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. Dalam sambutannya, beliau mengutarakan bahwa setiap siswa/i baik yang masih duduk di SMA ataupun di Perguruan Tinggi hendaknya mampu mengenal budaya, memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk meraih penghargaan dan prestasi yang setinggi-tingginya. 
 
Pemateri seminar yang menarik perhatian siswa-siswa sekolah ini, adalah salah satu mahasiswa berprestasi STBA Teknokrat yaitu Sheila Koesin dari Program Studi S1 Sastra Inggris dan Sudarmanto dari Program Studi D3 Bahasa Jepang. Prestasi yang sering mereka peroleh tidak saja mengharumkan almamater Teknokrat tetapi juga propinsi Lampung, bahkan bangsa Indonesia. Salah satu prestasi yang baru-baru ini diraih oleh Sheila Koesin adalah menjadi delegasi Indonesia dalam Kejuaraan Debat antar Universitas Tingkat  Dunia (World Universities Debating Championships) di Manila Filipina, 27 Desember 2011 hingga 4 Januari 2012. Kejuaraan ini diikuti 400an tim dari 200an universitas. Untuk Bidang Bahasa Jepang, Sudarmanto berhasil membawa 3 piala juara sekaligus dan juga teman-temannya sebagai wakil dari STBA Teknokrat pada acara Festifal Kebudayaan Jepang tingkat Nasional sehingga STBA Teknokrat menjadi juara umum.
 
Selain itu, pemateri berasal dari Dosen Teknokrat yaitu Dosen Native Speakers dari USA dan Jepang. Untuk bidang Bahasa Inggris, Mr. Zachary Ethan Adam (Adam) lulusan dari Rogers State University in Claremore, Oklahoma USA. Untuk Bidang Bidang Bahasa Jepang yaitu Ms. Araki Mari Penutur asli dari Japan International Agency (JICA) lulusan Kansai Gaidai University Jepang.  
Pembicara awal, Sheila Koesin memotivasi para peserta seminar khususnya siswa/i, dengan  mengangkat tema ”School, Achievements and Social Life: Make them Balance!. Ia mengungkapkan bahwa, tidak selalu dunia pendidikan itu identik dengan akademik saja. Tapi, lebih dari itu, kita harus bisa menggabungkan 3 hal yaitu Sekolah, Prestasi dan Kehidupan Sosial  membuatnya seimbang dan tidak saling berbenturan satu dengan yang lainnya.
Tak kalah menariknya, Zachary Ethan Adam Turner berhasil menghipnotis para peserta dengan materi yang ia sampaikan “Culture of America in Music”. Ia menampilkan ciri dan karakteristik musik Amerika, mulai dari Hawaiian, Native American, dan Negro Spiritual's yang dikombinasikan dengan video tarian Indian.
 
Kebudayaan Jepang, khususnya kanji, disampaikan oleh Sudarmanto dengan tema “Kanji O Kaku Koto Ga Sukide, Nihongo Ga Wakaru (Gemar Menulis Kanji: Mengenal dan Memahami Bahasa Jepang)”. Ia menjelaskan tentang kanji dan sejarah serta kegunaanya dalam Bahasa Jepang.
Acarapun ditutup dengan meriah oleh penampilan Araki Mari yang menyajikan tema “Origami Dikeru? (Apa Makna Dibalik Origami?). Mari Sensei mengatakan bahwa origami bagi orang Jepang bukan hanya sekedar permainan, namun juga sebuah kebudayaan. Ia pun mempraktekkan seni berorigami yang mendapatkan tanggapan positif dari para peserta.
Go to Top