Team Teknokrat Juara Kontes Robot 2012 di Medan, Sumatera Utara
en id
Thursday, 18 April 2019

Latest News

Team Teknokrat Juara Kontes Robot 2012 di Medan, Sumatera Utara

Perguruan Tinggi Teknokrat kembali meraih prestasi gemilang di ajang Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional I Sumatera yang di selenggarakan di Medan tanggal 4-6 Mei 2012. Tidak tanggung-tanggung, di ajang ini Teknokrat memborong tiga gelar juara sekaligus yakni juara I KRCI divisi Beroda, juara III KRCI divisi Humanoid Soccer League, dan juara III KRI. Ajang bergengsi tersebut diikuti oleh 23 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Sumatera yang telah dinyatakan lolos seleksi tahap II. Untuk wilayah Lampung hanya Perguruan Tinggi Teknokrat yang mengikuti ajang ini. 

Tim robot Teknokrat untuk KRCI divisi beroda bernama Krakatau I, yang beranggotakan Pipit Juwarsih, Febbi Andriawan Saputra, dan Hendi Kusnadi. Pembimbing tim ini adalah Jaka Persada Sembiring. Selanjutnya tim KRCI divisi Humanoid Soccer League bernama Krakatau 3, yang beranggotakan Yomi Afrinaldo, Andria Barus, Rahmat Rizal, dengan pembimbing Maulana Aziz Assuja, S.ST. Sedangkan tim untuk KRI bernama Krakatau 4 yang beranggotakan Doris Juarsa, Ade Nata Rosadi, Yahya Aroji, M. Rizki Fauzi, dan M. Ridho, dengan pembimbing BP. Putra Hermana. 

Ketiga tim robot Teknokrat tersebut selanjutnya akan bertarung ditingkat nasional  yang akan di gelar pada tanggal 28 – 30 Juni 2012 di Institut Teknologi Bandung, melawan peserta dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia. Pemenang KRI tingkat nasional akan berlaga di kontes Internasional Abu Robocon yang digelar di Hongkong, China pada Agustus 2012 mendatang. Sedangkan pemenang nasional KRCI berpeluang untuk mengikuti kompetisi robot 2013 di Amerika Serikat.

Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa Robotik Teknokrat, Y. Agus Nurhuda, S.Si., M.Cs saat ditemui menjelaskan, robot Teknokrat menjadi juara karena memiliki kelebihan dibandingkan dengan robot-robot yang lain, yaitu mampu memadamkan api hanya dalam waktu 1 menit 20 detik. Sedangkan waktu yang diberikan oleh dewan juri adalah 3 menit. “Tahun ini target kami adalah menembus nasional, untuk itu tim kami akan berupaya agar menjadi juara dan berlaga di internasional”, lanjut Agus. 

Selanjutnya Agus juga menjelaskan, selain untuk KRCI dan KRI, tim robot Teknokrat juga akan bertarung di Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) tingkat nasional. KRSI 2012 ini bertema Robot Penari Piring yang diselaraskan dengan seni budaya asli Sumatera Barat. Pada KRSI ini robot harus mampu melakukan gerakan menari mengikuti irama musik pengiring tari piring dengan cara mendengarkan langsung dari sistem audio gedung lomba menggunakan sensor suara. Tahun lalu Teknokrat meraih juara III KRSI tingkat Nasional, papar Agus. 

 

Sementara itu saat di temui terpisah, Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE., MBA. mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh tim Robot Teknokrat. Menurut Beliau, prestasi ini adalah buah hasil kerja keras dan kegigihan tim. “Perguruan Tinggi akan selalu memotivasi dan memfasilitasi kegiatan ini, khususnya dalam menghadapi kontes tingkat nasional mendatang”, ujar Beliau. 
Go to Top