Menwa Teknokrat Gelar Pelatihan Baris-berbaris & Ketahanan Hidup
en id
Saturday, 23 March 2019

Latest News

Menwa Teknokrat Gelar Pelatihan Baris-berbaris & Ketahanan Hidup

Menumbuhkan kekuatan dan ketahanan mental, fisik,  rasa kebersamaan, sikap disiplin serta loyalitas terhadap pimpinan maupun sesama anggota Resimen Mahasiswa (menwa) Batalyon 209 Teknokrat merupakan tujuan dari pelatihan baris berbaris dan ketahanan hidup (survival) tahap 1 yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Menwa Batalyon 209 Teknokrat. Peserta Pelatihan kali ini diikuti oleh  30 calon siswa (casis) serta anggota aktif Menwa Yon 209 Teknokrat yang berlangsung selama 2 hari 1 malam di Zona Tembak Sukadanaham sabtu sampai minggu (20-21/10).

 

Dalam pelatihan ini  casis maupun  anggota Menwa mampu baris berbaris dan memilki ketahanan hidup (survival) di alam terbuka serta dapat keluar dari kesulitan karena kondisi alam (Cuaca & medan), keadaan makhluk hidup (binatang dan tumbuhan) serta kondisi diri sendiri (mental, fisik & kesehatan). Selain itu, tujuan lainnya adalah menumbuh kembangkan jiwa Korsa dan semangat bela negara pada setiap pribadi anggota Resimen Mahasiswa Batalyon 209 Teknokrat.

 

 

Materi yang disampaikan pada pelatihan ini meliputi kemenwaan, kedisiplinan, Penghormatan Pertama Militer (PPM), tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Menwa serta survival dan baris berbaris. Kegiatan lainnya yang juga berperan penting membentuk mental dan ketangkasan  ini adalah acara jerit malam dimana para casis dilepaskan ke hutan yang hanya diberi penerangan obat nyamuk ditiap-tiap pos uji fisik mental dan setiap casis harus melampai 5 pos yang sengaja dibuat dalam kondisi gelap gulita, terjal dan menantang. Dalam pelatihan ini hadir juga Pembina  Menwa Batalyon 209 Teknokrat  Dr(cand) H. Mahathir Muhmmad, S.E.,M.M yang memberikan motivasi dan uji ketahanan fisik mental para casis maupun anggota Menwa. 
Go to Top