Teknokrat Wakili Indonesia ke Tokyo Jepang
en id
Sunday, 20 January 2019

Latest News

Teknokrat Wakili Indonesia ke Tokyo Jepang

Setelah mengukir prestasi  monumental sebagai juara  II Lomba Pidato Bahasa Jepang Tingkat Nasional ke-42 tahun 2013 di RRI Jakarta bulan Juni silam, Riskhi Sucindawini siap  mewakili Indonesia pada ASEAN Speech Contest di Tokyo Jepang 20-27 Oktober minggu ini. Riskhi Sucindawini yang akrab disapa Suci ini merupakan mahasiswa bahasa Jepang STBA Teknokrat yang telah memenangkan  perlombaan pidato bahasa Jepang dua tahun berturut-turut di tingkat regional Sumatera dan membawanya menjadi juara nasional pidato bahasa Jepang  yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Sebagai apresiasi juara nasional, Suci mendapatkan kesempatan berkompetisi dan berlibur di Jepang secara gratis yang di biayai oleh The Japan Foundation, Japan Airlines, Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Japan Overseas Enterprises Association (JOEA).
 
Di tingkat Internasional nanti, Suci yang berada di bawah bimbingan ARAKI Mari Sensei pengajar dari Jepang akan berkompetisi bersama dengan  12 peserta lainnya  dari negara-negara se-ASEAN seperti Malaysia, Philipina, Thailand, Singapura, Vietnam, Kamboja, Brunei Darusalam dan Laos. Seluruh peserta ASEAN Speech Contest ini selain akan mempresentasikan pidato terbaiknya  juga akan terlibat dalam beragam aktivitas edukatif yang menyenangkan. Mulai dari orientasi program, kuliah umum "Ayo Bicara dengan Bahasa Jepang” oleh Ibu Hasegawa Takako dari Universitas Obirin, kunjungan ke toko buku " Yaesu BOOK Center", observasi stasiun Tokyo, dan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke perusahaan penerbitan koran terbesar di Jepang   "Asahi Shinbun" dan pabrik bahan masakan "Ajinomoto",serta berwisata keliling gunung Fuji adalah rangkaian program ASEAN Speech Contest 2013.
 
Acara  puncak dari kegiatan ini adalah presentasi pemenang lomba pidato bahasa Jepang dengan penilai Prof. Magoshi Emiko dari Universitas Obirin. Dalam acara tersebut juga para peserta program dilibatkan dalam acara ramah tamah dengan mahasiswa Universitas Aoyama Gakuin. Kesempatan ini dimanfaatkan para peserta untuk salaing budaya antar negara Jepang. “ Kegiatan  ini merupakan program yang luar biasa karena selain memberikan kesempatan memperoleh pengalaman di luar negeri, membina persahabatan dengan mahasiswa negara peserta serta jalan-jalan yang paling menyenangkan adalah kunjungan ke Tokyo Disneyland di hari terakhir”, ungkap Suci. 
 
Secara terpisah Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat Dr. H.M., Nasrullah Yusuf, S.E, M.B.A. menyampaikan ucapan selamat dan bangga kepada para mahasiswanya yang telah berhasil membawa Teknokrat di tingkat nasional dan ASEAN. “Saya bersyukur, dan ini suatu pencapaian prestasi yang luar biasa. Sebab, kita dapat mewakili Indonesia dan bersaing dengan perguruan tinggi negeri dan swasta ternama di ASEAN “ ungkapnya.
 
 
 
“Beragam prestasi mahasiswa Teknokrat ditingkat nasional dan internasional merupakan hasil kerja keras mahasiswa yang giat berlatih dan memiliki motivasi tinggi meraih prestasi monumental dan Teknokrat selalu konsisten mendukung mahasiswa untuk terus  berprestasi”, imbuhnya. (ASe)
Go to Top