Hima SI Mampu Cetak Kader Miliki Kepedulian Sosial
en id
Wednesday, 20 March 2019

Latest News

Hima SI Mampu Cetak Kader Miliki Kepedulian Sosial

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Memang masih banyak yang belum mengenal Unit Kegiatan Mahasiswa Sistem Informasi (UKM Hima SI) Teknokrat. Namun, kiprah Hima SI cukup diperhitungkan di masyarakat. Terbukti, organisasi mahasiswa yang berada di bawah naungan jurusan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Teknokrat ini mampu mencetak kader-kader intelektual muda yang tidak hanya kreatif, tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi.
 
Hima ini terbentuk sejak 6 Juli 2007 dengan tujuan agar mahasiswa religius dan juga cerdas secara akademik, berwawasan luas, aktif, kreatif, inovatif, serta memiliki rasa kepedulian terhadap sesama. Ketua Jurusan STMIK Teknokrat Iwan Purwanto menjelaskan Hima SI juga menjadi wahana pemersatu para mahasiswa STMIK Teknokrat dalam mewujudkan kehidupan kampus yang demokratis, berdaulat yang menyerap, mengkaji, menyalurkan aspirasi, memberdayakan, serta menggembangkan kreativitas minat dan bakat mahasiswa. 
 
Kemudian, UKM ini juga menjadi wahana advokasi para mahasiswa dalam menggelar berbagai kegiatan, baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus. "Kegiatan Hima SI tidak hanya fokus pada program studi pengelolaan informasi berbasis teknologi, tapi juga pengabdian masyarakat. Yang merupakan perwujudan dari Tridarma Perguruan Tinggi," ujar dia, kemarin.
 
Kegiatan tersebut berupa latihan dasar kepemimpinan, donor darah, family gathering, bakti sosial, pengaplikasian karya ilmiah mahasiwa, kuliah kerja lapangan berbasis wisata edukasi, buka puasa bersama, gerakan peduli peranan teknologi dan bisnis, jelajah kota besar Indonesia, malam keakraban, penanggulangan HIV/AIDS, narkotik, maupun pemilihan para duta Hima SI.

Tumbuhkan Jiwa Sosial. Menurut Iwan Purwanto, yang juga pembina dan penanggung jawab UKM Hima SI, organisasi kemahasiswaan ini tidak melulu bicara soal ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga menumbuhkan jiwa sosial dan pengembangan enterpreunership di masyarakat.Dengan langkah ini, para mahasiswa Hima SI diharapkan bisa lulus dalam satu paket. Ia mengakui jumlah anggota sangat banyak, mencapai 2.000 mahasiswa, karena seluruh mahasiswa STMIK otomatis menjadi anggota Hima SI.

Namun, tidak seluruh mahasiswa aktif dalam organisasi tersebut. Jika aktif, mahasiswa akan mendapatkan credit point dengan standar minimal dilihat dari keikutsertaan dalam setiap kegiatan Hima SI. Ia mengakui organisasi kemahasiswaan ini termasuk aktif menggelar berbagai kegiatan. Pada bulan ini saja memiliki lima agenda kegiatan akbar, antara lain malam keakraban dengan tema 1.000 kebajikan.
 
Kegiatan ini mengundang para alumni dari angkatan I hingga lulusan 2012. Mereka akan berkumpul bersama memberikan pengenalan dan memberi motivasi kepada adik tingkat agar Hima SI sebagai pintu kesuksesan bagi mereka. Bagi alumnus yang sukses, akan menarik adik tingkatnya yang berprestasi untuk bergabung bersama, mengisi peluang kerja di tempat ia bekerja. Senada dengan Iwan, Ketua Makrab Hima SI Tina Panduwinata menjelaskan selain UKM ini membentuk pribadi yang bertanggung jawab dan mandiri, para anggotanya juga sangat kekeluargaan, sehingga anggota UKM ini sangat solid dan kompak.
 
Untuk regulasi Hima SI di pengurusan sekarang seperti dalam makrabnya mengusung tema 1.000 kebajikan. Hal ini dimaksudkan tiap anggota harus menanamkan kebajikan tidak hanya sesama pengurus, tetapi masyarakat luas. "Selain itu, kekompokan terjalin dari tiap departemen, otomatis regulasi itu akan bertingkat hingga kepengurusan pusat Hima SI," ujar dia.
 

 

Untuk menjalin komunikasi antaranggota, UKM ini memiliki tabloid serta jejaring sosial melalui blog, Facebook, dan Twitter. Media itu dinilai efektif dalam menjalin komunikasi anggota hingga para alumni. Menurut Wakil Ketua Donor Darah Hima SI, Rachman Hakim, Hima SI juga menumbuhkan jiwa sosial serta meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang pentingnya organisasi untuk kematangan sikap dan sosok yang bertanjung jawab serta mandiri.
Go to Top