• Akreditasi-Universitas-Teknokrat-Indonesia.jpg
  • Mahasiswa_Teknokrat.jpg

Tanggamus, - Dosen Program Studi Sastra Inggris, yakni Suprayogi, S.S., M.Hum. dan Samanik, S.S., M.Hum., melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMA Negeri 1 Semaka, kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus dengan topik “English Speech Training” atau pelatihan pidato berbahasa Inggris kepada siswa-siswi English Club SMAN 1 Semaka.

Kegiatan Speech Training dipilih karena sesuai dengan kebutuhan siswa-siswi English Club tersendiri dimana mereka cukup sering mengikuti perlombaan bahasa Inggris tingkat Provinsi namun memiliki kesulitan dalam memperoleh sumber belajar. Hal ini sesuai dengan latar pengalaman mengajar dosen pelaksana PKM dimana keduanya adalah pelatih pidato bahasa Inggris untuk mahasiswa UKM Teknokrat English Club (TEC) untuk kompetisi regional, nasional dan internasional.

Kegiatan ini rencananya akan berlangsung dalam 8 kali pertemuan dan saat ini sudah menginjak pertemua ketiga pada 8 November 2020. Di masa pandemi ini, pertemuan dilaksanakan melalui zoom dan whatsapp group. Kegiatan diawali dengan pemaparan trend lomba pidato saat ini serta kesalahan umum yang terjadi pada peserta lomba. Kegiatan berikutnya adalah pre test speech dimana peserta ditugaskan untuk membuat teks pidato, menampilkannya, serta merekamnya. Rekaman video kemudian diases satu per satu. Dosen kemudian memberikan pemaparan tentang bagaimana membangun gagasan dalam sebuah pidato. Siswa-siswi antusias untuk bekerja kelompok untuk mencoba membuat draf pidato. Kegiatan ini juga didukung penuh Pembina Esktrakurikuler English Club, Andi, S.S. dan Kepala Sekolah Sumarno, S.Pd.

Teknologi video conference dan WhatsApp saat ini sangat membantu melaksanakan kegiatan jarak jauh dimana siswa masih bisa berkomunikasi dua arah dalam kegiatan ini. Meski beberapa kali terkendala sinyal, namun siswa-siswi tetap termotivasi untuk belajar.

Kegiatan PKM adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh dosen sastra Inggris setiap semesterya sebagai bagian dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.


Rektor Universitas Teknokrat Indonesia bersama Presiden Joko Widodo

Berita Lain