• Akreditasi-Universitas-Teknokrat-Indonesia.jpg
  • Mahasiswa_Teknokrat.jpg

Lampung Selatan, - Dosen Universitas Teknokrat Indonesia melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMK YPI Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan pada hari Kamis 12 November 2020.

Pada kegiatan pengabdiannya, PKM yang diketuai oleh Dedi Darwis memberikan pelatihan kepada para Guru Normatif dan Adaptif dalam meningkatkan kompetensi untuk mengajar mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKWU).

Guru Normatif dan Adaptif adalah guru yang mengampu mata pelajaran non kejuruan di SMK.

Guru Normatif pada umumnya mengajar mata pelajaran seperti Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia, Penjas dan Seni Budaya. Sedangkan, Guru Adaptif mengampu mata pelajaran seperti Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, KKPI dan Kewirausahaan. Penyesuaian pada kurikulum 2013, membuat mata pelajaran PKWU menjadi lebih banyak dibandingkan jumlah jam pada mata pelajaran adaptif dan normatif. Sehingga, di SMK YPI guru normatif dan adaptif diharuskan juga mengajar mata pelajaran PKWU.

Namun, agar para guru normatif dan adaptif dapat mengajar mata pelajaran PKWU maka para guru tersebut harus meningkatkan kompetensi agar dapat membuat suatu produk kreatif yang berpotensi untuk kewirausahaan yang dapat diajarkan kepada siswa-siswinya.

Sebagai salah satu kampus terbaik di Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia turut membantu dalam peningkatan komptensi guru di SMK YPI Tanjung Bintang melalui pelatihan pembuatan produk-produk Digital Printing seperti Banner, Sablon Mugs, Spanduk, Brosur, Katalog dan Pin.

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, diharapkan dapat membantu SMK YPI Tanjung Bintang dalam peningkatan kompetensi guru dalam mengampu mata pelajaran PKWU.

Dedi memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Universitas Teknokrat Indonesia yang telah mendukung secara fasilitas dan pendanaan selama pelaksanaan kegiatan PKM ini.



Rektor Universitas Teknokrat Indonesia bersama Presiden Joko Widodo

Berita Lain